*** Anda Adalah Apa yang Anda Pikirkan *** Sebaik-baiknya Manusia Adalah manusia yang Bisa Bermanfaat bagi Sesama ***

Selasa, 29 Oktober 2013

Mickey Mouse, tokoh kartun yang mendunia





Mickey Mouse, sudah pada tau kan dengan tokoh kartun yang mendunia ini..
Mickey mouse nggak bisa lepas dari  dari perkembangan kartun didunia, tokoh kartun tikus ini mampu disulap oleh Walt Disney menjadi  tokoh yang sangat menarik dan populer dikalangan masyarakat terutama anak-anak yang menyukai film kartun. Awalnya tokoh kartun tikus ini diberi nama Mortimer Mouse namun istri dari Walt atau Lillian menyakinkan bahwa akan lebih bagus jika diganti dengan nama Mickey Mouse yang mewakili tokoh yang selalu ceria dan ramah.


Mickey Mouse digambarkan sebagai tokoh kartun yang selalu tersenyum lebar dengan celana merah yang sering dikenakannya. Mickey mouse memiliki pasangan tokoh tikus wanita yang diberi nama Minnie Mouse, tidak hanya itu Mickey Mouse juga ditemani oleh tokoh anjing kesayangannya Pluto dan sahabatnya Goofy, Donal Duck dan Deasy Duck.

Mickey Mouse tidak hanya memikat penggemarnya dengan kelucuan bentuknya namun tokoh tikus ini mampu menarik perhatian dengan sifatnya yang ramah dan bijaksana serta selalu menyelamatkan Minnie dan teman-temannya dari laki-laki nakal, tidak heran jika tokoh kartun tikus ini menjadi kegemaran bukan hanya dai kalangan anak-anak tapi kalangan dewasa juga menyukainya.

Kedekatan Mickey Mouse dengan anak-anak mengharuskan tokoh kartun ini memiliki moral yang baik.  Dalam film-filmnya Mickey Mouse selalu menjadi bintang dan pahlawan bagi teman-temannya, menegakkan kebenaran dan mengalahkan kejahatan yang dilakukan oleh pete.

Kini sosok tikus yang biasanya bercelana pendek merah, bersarung tangan putih, dan bersepatu kuning besar ini telah mendunia. Wajahnya selalu tampil pada awal setiap film karya Walt Disney. Tak hanya itu, sosoknya juga kerap kali muncul pada media lain selain film, misalnya seperti pada video game, merchandise, baju, dan lain sebagainya. pada Disneyland pun Mickey Mouse mendominasi eksterior maupun interior Disneyland.

     Lahirnya Mickey Mouse


Walt Disney yang merupakan pencipta dari Mickey Mouse memang sudah memiliki hobi menggambar sejak kecil.  Bermula dari walt remaja yang pergi berkunjung ke rumah pamannya dan berjalan-jalan untuk mencari sesuatu di ladang pamannya, disana ditemukan banyak sekali tikus-tikus ladang yang berkeliaran disekitarnya. Melihat banyaknya tikus-tikus tersebut, suatu saat terinspirasi oleh tikus-tikus tersebut dan muncul keinginan untuk menuangkan imajinasinya tersebut kedalam bentuk kartun, maka dicobalah membuat sketsa kartun yang berasal dari objek tikus yang dilihatnya. Banyaknya imajinasi yang muncul membuatnya untuk melakukan proses pencarian bentuk, Dari proses tersebut maka lahirlah Mickey Mouse yang merupakan cikal bakal dari kartun animasi pertama yang pernah dibuat. Awal mula bentuk mickey masih sederhana seperti gambar diatas.

Dengan beberapa ciri tikus yang dimanipulasi seperti bentuk telinga dibuat bulat, bentuk mata yang dibuat besar hampir sebesar wajahnya, dan bentuk tubuh yang kurus ditambah atribut celana pendek yang dibuat sederhana sehingga memudahkan untuk proses produksinya.

Bentuk tersebut lama-kelamaan berevolusi menjadi bentuk yang lebih detail dan bervariasi pada pakaian yang dikenakan. Pada awalnya kartun yang di buat animasinya ini tanpa suara, hanya mengandalkan gerakan objeknya saja, namun teknologi semakin berkembang dan pada akhir era 60 an akhirnya film kartun dapat diisi dengan suara.
Keberhasilan karakter Mickey Mouse dipasaran ini mengawali tumbuhnya industri animasi dunia.

     Mickey Mouse sebagai ikon


Mickey Mouse menjadi simbol The Walt Disney Company dan diri Walt Disney sendiri seperti diutarakan oleh Lilllian, istri Walt. Mickey Mouse dan Walt berkembang bersama dan menjadi cermin kepribadian mereka.Presiden AS Jimmy Carter pernah mengatakan " Mickey Mouse adalah simbol kebaikan melampaui semua bahasa dan budaya. Saat seseorang melihat Mickey Mouse ia melihat keceriaan”. Siluet kepala Mickey yang terdiri dari sebuah lingkaran besar sebagai kepala dan dua lingkaran kecil sebagai telinga menjadi logo bagi perushaan di bawah naungan The Walt Disney Company yang menyandang nama Disney.

     Prestasi mickey Mouse 
Mickey dan Minnie Mouse muncul untuk pertama kali  dalam Plane Crazt yang dirilis pada 15 Mei 1928. Namun, The Walt Disney Company kemudian merayakan hari lahir Mickey Mouse pada tanggal 18 November 1928, yaitu tanggal rilis animasi Steam Wlillie, film animasi Mickey Mouse pertama kali menggunakan suara. Pada 18 November 1978, yaitu bertepatan ulang tahun Mickey ke - 50, ia menjadi karaktek kartun pertama yang mendapatkan sebuah bintang di Hollywood Walk of fame.






By: TFT

Baca juga:
Minnie Mouse, Si Tikus Canti yang Centil - Here
pictures of mickey and minnie mouse - Here

2 komentar:

  1. Keren...
    Refrensi tuliasannyo ....
    ......
    caknyo tau banyak tentang Mickey....
    PERTAMAX untuk tulisannyo....

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih..
      baru belajar dimulai dari sesuatu yang disuka..

      ^_^ ^_^ ^_^

      Hapus